MILLION DOLLAR BABY (2004)

Tidak ada komentar

Puja puji dan penghargaan film ini amatlah banyak. Kritikus mayoritas ngasih nilai yang hampir sempurna dan kalo dibikin rating rata-rata ngasih 4.5/5 Sedangkan dari segi penghargaan gak kalah mantab. Film ini berhasil meraih Best Picture Oscar. Clint Eastwood berhasil meraih Best Director untuk kedua kalinya. Aktris Hilary Swank juga menang sebagai Best Actress untuk kedua kalinya juga. Sedangkan Morgan Freeman menjadi Best Supporting Actor untuk pertama kali. Dari segi pendapatan, budget $30 Juta berhasil ditebus dengan pendapatan diatas $210 Juta untuk peredarannya diseluruh dunia alias 7X bujet. Film ini sendiri diadaptasi dari cerita pendek karangan F.X. Toole.

Frankie (Clint Eastwood) adalah seorang pelatih tinju yang jago mendidik atlit. Tapi dia terkesan ingin menjauhkan atlit didikannya dari pertarungan perebutan sabuk juara dengan alasan untuk memupuk pengalaman. Karena hal itulah dia ditinggalkan oleh petinju terbaiknya kala itu. Frankie sendiri memiliki sebuah sasana tinju miliknya. Dia mengelolanya dibantu kawan lamanya yang juga mantan petinju, Eddie (Morgan Freeman). Kemudian datanglah seorang wanita bernama Maggie (Hilary Swank) yang tiap hari datang kesana untuk berlatih. Frankie awalnya gak mau melatih Maggie dikarenakan ia gak pernah ngelatih perempuan. Dan lagi dia beranggapan Maggie yang udah hampir 32 tahun terlalu tua buat mengawali karir tinjunya. Tapi berkat usaha yang ekras dan sedikit didikan dari Eddie, Frankie luluh juga dan menjadi pelatih Maggie.


Maggie pun akhirnya menjadi petinju tangguh yang hampir selalu berhasil meng-KO lawannya di ronde pertama. Hubungannya dengan Frankie makin akrab bahkan lebih akrab dibanding dengan ibunya. Sampe tibalah waktunya bagi Maggie bertarung di kelas yang lebih tinggi. Dia terus memimpin alur pertandingan sampe sang lawan melakukan kecurangan yang membuat Maggie cedera parah bahkan lumpuh. Bagaimana nasib kelanjutan karir Maggie?

Alur film ini sebenernya sederhana. Bahkan ending filmnya sudah cukup ketebak. Tapi berkat arahan yang sangat baik dari Clint Eastwood filmnya jadi berasa menyentuh. Kita bisa diajak melihat perubahan sikap Frankie terhadap Maggie yang awalnya ketus menjadi sangat baik. Progres latiha Maggie juga diperlihatkan, sehingga sewaktu dia mendapat kemenangan pertamanya saya bisa ikut senang melihatnya. Hal yang sangat wajar kalo Clint Eastwood berhasil meraih Best Director. Akting Clint Eastwood sendiri juga abgus, buktinya dia berhasil dapet nominasi Oscar Best Actor walopun gak emnang. Kalo saya perhatikan, tipikal karakter yang dia mainkan gak jauh beda dengan di gran Torino dimana seorang tua ketus yang berubah jadi baik setelah akrab dengan wanita yang layaknya anak baginya. Hillary Swank? Susah sekali memerankan seorang petinju karena sang aktris haruslah berlatih keras untuk menguasai setidaknya teknik dasar tinju dan membentuk tubuh. Dan Hilary Swank berhasil melakukannya dengan baik. Dia berhasil membuat tokoh Maggie menarik simpati saya dimana dia memulai karir dari nol. Di film ini juga ada Jay Baruchel yang lagi-lagi berperan sebagai cowok cupu. Tapi menurut saya disini dia tampil lebih baik dan manusiawi dari biasanya, hal yang membuat saya berpikir kalo Jay ini kemampuan aktingnya sekarang sama sekali gak ada peningkatan.

OVERALL: Film yang sebenernya sederhana ini bisa menjadi sangat menyentuh berkat arahan dari Clint Eastwood dan akting maksimal para pemerannya. Ending berhasil dieksekusi dengan baik membuatnya menyentuh.

RATING: 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar