BEST OF 2012 (SO FAR)

7 komentar
Tahun 2012 sudah melewati paruh pertama dan kali ini saya akan menampilkan 10 plus 5 film yang saya anggap adalah yang terbaik versi saya dalam paruh pertama tahun ini. Kenapa saya katakan sebagai "10 plus 5" karena nantinya hanya akan ada 10 film yang masuk daftar best of 2012 dan lima film lainnya masuk sebagai honorable mentions. Untuk film-film yang masuk daftar ini tidak semuanya punya daftar rilis perdana di 2012. Ada beberapa film yang rilis pada 2011 namun hanya rilis secara terbatas dan baru dirilis luas pada 2012 atau baru masuk ke Indonesia pada tahun 2012. Yang perlu saya tegaskan adalah daftar ini murni subjektif berdasarkan opini dan selera saya, bukan disusun berdasarkan aspek-aspek yang biasa dipakai kritikus profesional, jadi tentunya perbedaan selera akan jadi faktor penentu. Ini dia 15 film terbaik versi saya untuk paruh pertama 2012 yang DISUSUN URUT ABJAD (klik gambar untuk membaca review :



21 JUMP STREET
Sebuah komedi yang jadi salah satu kejutan terbesar bagi saya di tahun ini. Menampilkan banyak humor-humor vulgar yang jorok yang biasanya bukan merupakan selera saya, film ini justru mampu tampil luar biasa lucu dan bagi saya adalah salah satu komedi terlucu tidak hanya di tahun ini tapi sepanjang masa. Faktor timing yang selalu pas adalah kekuatan utama humornya. Belum lagi ditambah duo Tatum-Hill yang begitu kompak dan cameo mengejutkan dari Johnny Depp. Menampilkan begitu banyak adegan yang membuat ngakak tapi adegan saat karakternya memakai obat HFS adalah yang terlucu meski sudah ditonton berulang-ulang.

 BRAVE
Akhirnya Pixar mampu membayar kegagalan Cars 2 dari segi kualitas lewat kisah fairy tale pertama yang menampilkan tokoh utama wanita pertama yang dipunya film produksi Pixar. Dibuka dengan film pendek La Luna yang indah dan menyentuh, sajian utamanya ternyata juga tidak kalah indah dan menyentuh. Meski kisahnya tidak sehebat masterpiece Pixar lainnya tapi tetap saja hubungan ibu-anak di film ini begitu menyentuh. Belum lagi visualnya yang indah dan karakternya yang mudah disukai. Sedikit underrated saya rasa tapi ini adalah bukti bahwa Pixar belum habis.

CARNAGE
Sebuah adaptasi naskah teater yang dilakukan oleh Roman Polanski dan mempertemukan empat aktor hebat yaitu Jodie Foster, John C. Reilly, Kate Winslet dan Christoph Waltz ternyata adalah sebuah film berbobot yang menghibur. Tidak kelam dan menyeramkan seperti karya khas Polanski, tapi Carnage punya kekuatan pada dialognya yang tajam dan akting para aktornya yang luar biasa. Sebuah komedi satir tentang dua pasang orang tua yang masing-masing memakai topeng kehidupannya adalah sebuah sajian yang lucu namun berisi. Adegan Kate Winslet muntah adalah yang paling memorable sekaligus paling lucu.

HUGO
Martin Scorsese membuat film 3D pertamanya dan menunjukkan pada para sineas apa kegunaan format 3 Dimensi sejatinya selain hanya untuk mengumbar efek visual dan menambah pendapatan film. Pemandanganpemandangan indah tersaji dalam film ini dibalut 3D yang mengesankan serta penampilan hebat dari Sacha Baron Cohen. Tapi Scorsese juga tidak lupa akan jalinan ceritanya yang merupakan homage atas kecintaan sang sutradara pada media film itu sendiri. Sebuah perjalanan yang terasa magis dan indah.

 LOVELY MAN
Film Indonesia terbaik di 2012 sejauh ini. Formatnya simpel dengan hanya menampilkan dua tokoh utamanya saling mengobrol sepanjang film. Tapi dibalik kesederhanaan tersebut ada makna mendalam tentang berbagai macam sisi kehidupan masing-masing tokohnya. Dialognya berbobot tapi tidak berat sehingga menarik dalam pemaparan konfliknya. Kemudian akting memikat Donny Damara dan Raihaanun yang juga mampu menjalin chemistry begitu baik adalah salah satu senjata utamanya. Simpel, sederhana, indah dan menyentuh.

  MY WEEK WITH MARILYN
Plotnya tidak terlalu istimewa, hanya saja mengulik sisi lain Marilyn Monroe yang jatuh cinta dengan orang biasa dan menjalin affair adalah hal yang menarik diikuti, apalagi saya belum pernah mendengar kisah tersebut. Bagi anda yang pernah membayangkan menjalin hubungan dengan idola anda pasti begitu menyukai film ini karena hubungan yang dibangun memang menyenangkan. Tapi yang terbaik tetaplah akting Michelle Williams.

  PROMETHEUS
Jika film-film Alien lebih mengambil pendekatan dari sisi action ataupun horror untuk dipadukan dengan sci-fi, maka prekuel Alien ini justru mengambil tema yang lebih berat dan mendalam yaitu mengenai religius. Berbagai pertanyaan seperti "siapa pencipta manusia?" hingga "kenapa kita diciptakan?" terus muncul hingga filmnya berakhir. Tapi Ridley Scott tidak lupa menyajikan adegan yang menegangkan dan seru sehingga penonton tidak terus dipusingkan dengan berbagai pertanyaan tersebut. Jangan tanyakan pula visual efeknya yang luar biasa indah. Meski menyisakan banyak pertanyaan saya tidak keberatan menantikan sekuelnya. 

  SHAME
Penampilan berani Michael Fassbender berhasil ditandingi juga dengan kecemerlangan oleh Carey Mulligan dalam drama tentang maniak seks yang begitu dalam menelusuri dilema dan kegundahan hati tokoh utamanya. Tampil dengan suasana yang suramdan cukup membuat miris. Saya selalu suka sebuah film yang mampu menelusuri hal-hal seperti kegelisahan dan perasaan serta emosi karakternya. Yang jelas Fassbender pantas mendapat noninasi Oscar disini.

 THE ARTIST
Pemenang Best Picture Oscar tahun ini adalah sebuah eksperimental yang berhasil dengan baik. Membawa kita kembali ke jaman film bisu, sebenarnya film ini punya plot yang tidak terlalu spesial tapi pengemasannya itulah yang mampu membuat film ini begitu berkesan. Meski menyoroti kisah turunnya pamor seorang bintang, tapi The Artist adalah sebuah film yang mampu memberikan kesan feel good luar biasa setelah menontonnya. Apalagi adegan terakhir yang menyajikan sebuah tap dance indah nan menyenangkan dari Jean Dujardin dan Berenice Bejo. 

 THE AVENGERS
Penantian selama sekitar empat tahun yang terbayar lunas baik bagi pecinta komiknya ataupun yang bukan. Keraguan mengenai porsi tiap-tiap karakternya mampu ditepis dengan memberikan masing-masing superhero porsi dan momen yang sama besar meski harus diakui Robert Downey Jr. dan Mark Rufallo adalah pencuri perhatian terbesar di parade pahlawan Marvel ini. Adegan aksi yang memukai, komedi yang lucu dan penempatannya pas, visual yang memukau, akting yang pas membuat The Avengers menjadi formula film musim panas yang nyaris sempurna.

  THE DESCENDANTS
Keindahan Hawaii yang begitu maksimal baik dari lokasi maupun musiknya ditambah dengan kisahnya yang mengalir sederhana tapi mengena adalah salah satu kekuatan utama film ini. Jangan lupakan juga penampilan Clooney dan Woodley yang begitu hebat termasuk untuk mengambil simpati penonton. George Clooeny at his best?

 THE HUNGER GAMES
Salah satu kejutan juga di tahun ini. Berharap mendapatkan sebuah hiburan yang seru yang saya dapatkan justru lebih dari itu. Seru sudah pasti, tapi ternyata ketegangan juga begitu terasa dan kisahnya begitu intens. Tidak hanya aksi film ini juga punya sisi drama yang cukup mengena dimana kisah cinta segitinya tidak terlalu dilebih-lebihkan tapi sudah cukup untuk membuat penonton penasaran akan bagaimana kisahnya berujung. Jennifer Lawrence membuktikan bahwa dia adalah pilihan sempurna sebagai Katniss disini.

  THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO
Sebuah remake yang sebenarnya tidak perlu namun bukan berarti tidak bagus juga. Polesan Fincher justru mampu membuat versi Hollywood ini bagi saya lebih baik daripada versi aslinya. Misterinya tetap menarik diikuti tapi disuguhkan dengan sedemikian rupa hingga lebih mudah dimengerti. Rooney Mara juga bagus sebagai Lisbeth dan tidak terlihat mencoba meng-copy Lisbeth versi Rapace. Seperti biasa karya Fincher ini juga didukung sinematografi juara dan membangun nuansa kelam dengan baik. Salah satu opening credit terbaik tahun inipun muncul disini.

  TYRANNOSAUR
Diluar dugaan justru film British ini adalah salah satu drama terbaik tahun ini. Menelusuri sisi emosi, perasaan dan dilema tokoh-tokohnya dengan begitu menarik dan mendalam, Tyrannosaur juga sukses memberikan kesan mendalam luar biasa bagi saya. Apalagi para pemainnya tampil begitu apik mendeskripsikan gejolak batin yang tengah dialami karakter mereka.

YOUNG ADULT  
Sebuah drama komedi yang begitu efektif menceritakan kisah didalamnya. Faktor realistisnya kisah dan karakter dalam film ini sebenarnya jadi faktor kuat. Jason Reitman sekali lagi mampu bertutur dengan sederhana namun tak terasa membuat penonton terbawa dalam ceritanya. Tentu saja Charlize Theron yang bermain hebat disini jado faktor kunci.

7 komentar :

Comment Page:
MOVIE BLOGGER mengatakan...

Oh ini yang ditonton sejauh ini? tak kirain yang keluaran 2012. hehe

Rasyidharry mengatakan...

Sebenernya sih film-film diatas itu wide release kebanyakan di 2012

MOVIE BLOGGER mengatakan...

jangan lupa worst nya juga dong hahaah

FANBOY mengatakan...

yach nggak urut ya? Tapi, boleh juga tuch ada Avengers, sama Prometheus... itu jg masuk daftar gw lho... XD

Rasyidharry mengatakan...

@MOVIE BLOGGER kalo lengkapnya akhir tahun deh, tapi worst di 2012 sementara kalo nggak Act of Valor ya Battlefield hehe

@FANBOY Prometheus kemungkinan besar masuk daftar fix akhir tahun nanti, kalo Avengers mungkin susah :)

MOVIE BLOGGER mengatakan...

Act Of Valor? beneran?! Battlefield? gapernah denger....Battleship?

Rasyidharry mengatakan...

Yap, gaksuka banget sama Act of Valor
hahahaha iya battleship maksudnya, tapi jelekan act of valor sih