TOP 10 MOVIES OF 2011

5 komentar
Setelah lewat setengah bulan dari 2011, akhirnya saya putuskan untuk merilis daftar film 2011 FAVORIT saya. Ya, saya lebih suka menyebutnya favorit daripada terbaik karena penyusunan list ini juga sangatlah subjektif. Belum tentu film yang lebih berkualitas akan mendapat urutan yang lebih tinggi. Beberapa film diluar list yang saya buat ini banyak yang menurut saya lebih berkualitas seperti Contagion, Marta Marcy May Marlene, The Kid WIth A Bike dan masih banyak lagi. Tapi favorit memang bagi saya tidak harus lebih baik. Pada tahun ini juga saya untuk pertama kalinya mulai menonton film Indonesia di bioskop, tentunya dengan penyeleksian terlebih dahulu. Alhasil saya sangat terpuaskan dimana ada 3 film yang sempat masuk kedalam daftar saya, yaitu Catatan Harian Si Boy, ? (Tanda Tanya) dan The Mirror Never Lies. Sedang untuk film luar, masih banyak film yang belum saya tonton. Film calon nominasi Oscar macam The Artist, War Horse, Hugo sampai remake The Girl With the Dragon Tattoo dari David Fincher harus saya lewatkan. Oya, saya sendiri cukup sedih dengan kualitas film animasi tahun ini yang menurun dimana tidak ada film yang masuk 10 besar untuk tahun ini, padahal tahun lalu ada How to Train Your Dragon, bahkan Toy Story 3 jadi film terfavorit saya tahun 2010. Dan inilah 10 film terfavorit saya untuk tahun 2011 plus 10 honorable mentions:

HONORABLE MENTIONS:

SANG PENARI jadi salah satu catatan paling membanggakan dalam industri film Indonesia beberapa tahun terakhir. Meski saya termasuk dari sedikit orang yang tidak terlalu memuja film ini, harus diakui film dari Ifa Isfansyah ini mampu menyuguhkan gabungan berbagai aspek yang luar biasa. Cerita tentang penebusan dosa dan usaha memperbaiki hidup dalam ANOTHER EARTH sukses menghipnotis saya dengan balutan sci-fi yang tidak berlebihan dan tentunya kemunculan Brit Marling yang punya masa depan cerah. Tidak terlalu spesial, tapi nyaman dan menyenangkan diikuti, begitulah MIDNIGHT IN PARIS garapan Woody Allen. Lars von Trier sukses mengajak saya bergalau menghadapi akhir dunia dalam MELANCHOLIA disertai sinematografi indah dan akting menawan seorang Kristen Dunst. BIUTIFUL adalah suguhan depresif yang mempunyai keindahan tersendiri. Keindahan tentang kehidupan dan perjuangannya yang terpancar jelas dari mata Javier Bardem yang aktingnya keren.

CRAZY, STUPID, LOVE mampu menyajikan tawa yang paling besar bagi saya di tahun 2011 dalam sebuah romcom yang berisi ensemble castI yang tampil luar biasa khususnya Ryan Gosling. Sajian dokumenter dalam TABLOID sangat menarik dengan pengemasan yang kreatif atas sebuah kasus paling gila dan aneh yang pernah terjadi. THE RAID memang tidak disertai cerita yang kuat, tapi kebrutalan dalam adegan aksinya sudah cukup membuat saya tersenyum lebar selama filmnya berlangsung. Salah satu kebanggan terbesar bagi Indonesia memiliki film ini. CONFESSIONS telah sanggup menghipnotis saya dengan berbagai kisah balas dendamnya yang dibalut dengan tata visual yang indah serta twist yang menyenangkan. THE BORROWER ARRIETTY dengan melempemnya Pixar, maka inilah film animasi terbaik tahun ini. Sederhana seperti biasa khas Ghibli tapi tetap menyentuh khususnya pada ending yang membuat saya menitikkan air mata.

Berikut adalah top 10, untuk membaca review silahkan klik pada gambarnya (untuk The Help review tidak ditulis)

10. MEEK'S CUTOFF

Tidak hanya sebuah film tentang survival, tapi juga sebuah sajian menghanyutkan tentang feminisme. Alurnya yang lambat dibalut dengan sinematografi indah yang mampu membuat pemandangan gurun yang gersang jadi nyaman ditonton dan begitu indah membuat saya sangat betah menikmati kisah perjalanan berat yang dialami tokoh-tokohnya. Akting luar biasa dari Michelle Williams yang (sayangnya) tidak akan dilirik Oscar.

9. THE HELP
Temanya memang tentang rasialisme yang sangat kental, tapi film ini tidaklah tampil gelap dan depresif ataupun memuakkan. Justru sebaliknya The Help sangatlah ringan dan menyenangkan untuk ditonton. Memang menharukan tapi tidaklah menyedihkan. Ensemble cast-nya tampil maksimal mulai dari Jessica Chastain yang perannya jauh beda dari perannya di The Tree of Life, lalu Olivia Spencer, Emma Stone, Bryce Dallas Howard dan tentunya Viola Davis yang sangat berpotensi merebut Best Actress untuk Oscar 2012. Mungkin hanya kebintangan Meryl Streep atau gaya eksentrik Roney Mara yang mampu menggagalkan hal tersebut.

8. A SEPARATION
Sajian dari Iran ini memang benar-benar mengangkat ambiguitas moral. Tidak ada seorangpun tokoh dalam film ini yang bisa serta merta disalahkan. Benar-benar menunjukkan bahwa tiap orang itu punya point of view sendiri-sendiri dalam hal apapun itu. Tidak hanya itu, film dari sutradara Asghar Farhadi ini juga begitu piawai dalam menyimpan rahasia yang secara perlahan akan dibuka satu persatu dan membuat penontonnya terperangah mengetahui fakta yang sebenarnya terjadi. Isu sosial di Iran juga tidak luput diangkat dalam film ini. Berjalan dengan cepat dengan konflik yang menarik.


7. SENNA
Sebelum film ini saya tidak tahu siapa itu Ayrton Senna dan saya bukanlah penggemar Formula 1. Tapi film ini bisa dengan mudahnya membuat saya menyukai sosok pembalap tersebut. Jika dokumenter atau sebuah biopic itu dimaksudkan untuk memberi penghormatan pada yang bersangkutan, maka film ini juga sangat berhasil karena sosok Senna benar-benar digambarkan sebagai orang rendah hati tapi tidak berlebihan dan tidak sempurna. Berbagai footage bagus berhasil dikumpulkan dan menjadi dokumenter terbaik di 2011 yang ketegangannya bahkan melebihi berbagai film thriller yang sudah saya tonton dan lebih mengharukan dari banyak drama melankolis.

6. THE IDES OF MARCH
Film terbaru garapan George Clooney ini jelas jauh dari kata sempurna. Tapi Clooney tahu betul bagaimana thriller politik yang bisa dinikmati semua orang harus dibuat. Film ini memang penuh intrik yang rumit, tapi jalannya film sangatlah ringan dan enak diikuti. Cerminan pemilu yang sebenarnya tidak hanya terjadi di Amerika tapi bahkan mungkin di tiap negara. Selain itu ada juga penggambaran perubahan seorang manusia yang polos dan naif menjadi lebih kuat dengan perjalanan yang berat dan tidak manis. Semua aktor dan aktrisnya tampil dengan luar biasa termasuk idola saya, Ryan Gosling.

5. DRIVE
Kembali film seorang Ryan Gosling. Mendengar banyak yang menyebut film ini overrated saja sudah membuat saya mengernyitkan dahi, apalagi ada yang bilang film ini menipu karena tidak menampilkan aksi balap ataupun action yang memacu adrenaline. Sungguh jujur saja itu pernyataan yang aneh bagi saya. Bukan sok nyeni atau apa, tapi Drive memang pantas memamerkan style-nya dengan alur yang lambat dan sunyi. Lebih sulit berakting dengan tatapan mata seperti yang dilakukan Ryan Gosling dan Carrey Mulligan di film ini dibanding berakting romansa dengan komunikasi verbal. Minim dialog, sangat 80an dan tentunya karakter yang luar biasa keren dari Ryan Gosling.

4. 50/50
Menertawakan penderitaan dan pengalaman "bergaul" dengan penyakit mematikan bernama kanker? Yak, film ini memang tidak mau bercengeng ria menanggapi penyakit kanker yang diderita oleh tokoh utamanya. Diangkat dari kisah nyata Will Reiser yang juga menjadi penulis naskah, 50/50 dengan hebatnya mampu menyelipkan unsur komedi dalam kisah perjuangan hidup ini. Tapi meski tidak melankolis dan cengeng, film ini juga mampu memberikan suguhan mengharukan yang mampu membuat air mata mengalir tapi dengan cara yang tidak berlebihan. Bisa membuat penonton tertawa dan terharu dalam satu film dengan porsi yang sama artinya film itu adalah film yang hebat.

3. I SAW THE DEVIL
Sungguh sebuah kejutan melihat hasil akhir film ini. Sangat menyenangkan dan menegangkan. Kejar-kejaran antara dua "monster" yang coba saling bunuh dan saling siksa satu sama lain ditampilkan dengan begitu intens dan cerdas. Darah dimana-mana, potongan tubuh tidak luput untuk dihamburkan, tokoh yang sadis dan berdarah dingin bahkan ada juga yang kanibal, tentu saja sudah jadi bukti bagaimana gila dan menyenangkannya film ini. Adegan kontak pertama antara kedua tokoh utamanya jelas jadi salah satu adegan paling keren yang pernah saya tonton. Film ini juga menunjukkan bahwa nafsu balas dendam pada setan dan kebencian luar biasa akan membuat orang itu juga akan menjadi setan juga. Keseluruhan film ini adalah brutal, cerdas, menegangkan, menegangkan, keren!

2. BLUE VALENTINE
Kisah perenungan mengenai rumah tangga dan cinta. Semenjak dwilogi Before Sunrise-Sunset belum pernah saya menemukan film drama yang memberikan perenungan lagi. Lalu datanglah film ini yang seolah memberi peringatan pada muda-mudi dimabuk asmara yang ingin segera menikah bahwa pernikahan itu tidak mudah dan penuh akan tanggung jawab berat. Hal itulah yang membuat film ini ditampilkan dengan plot yang maju mundur menggambarkan bagaimana perbedaan kondisi saat pacaran dan setelah menikah dan mempunyai anak. Lagi-lagi Ryan Gosling yang bermain disini dan membuktikan bahwa 2011 adalah tahunnya meski rasanya Oscar masih belum bersahabat dengannya. Tapi jangan lupakan juga Michelle Williams yang performanya juga luar biasa. Keduanya sukses memberikan transformasi karakter yang signifikan antara pascar dan pra pernikahan.

1. THE TREE OF LIFE
Puisi dalam media film mungkin adalah istilah yang tidak berlebihan untuk menggambarkan apa yang sudah disuguhkan Terrence Mallick dalam film yang jadi film terfavorit saya di 2011 ini. Membicarakan film ini memang tidak pernah lepas dari visualnya yang begitu indah dan luar biasa serta adegan penciptaan alam semestanya yang dibalut musik orkestra dan sukses membuat saya merinding. Tapi The Tree of Life lebih dari itu. Film ini memberikan perenungan baik itu dari hal yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari seperti drama dan konflik dalam keluarga sampai hal yang sifatnya lebih kearah privat dan spiritual yang kesemuanya akan bermuara pada hal yang dinamakan "hidup". Apa, bagaimana, mengapa dan darimana kita berasal dan hidup kita dimulai? Masih banyak juga hal lain yang coba disampaikan Mallick baik yang berhasil sampai ataupun yang tidak. Ada juga yang tidak sampai itu karena Mallick yang terasa terlampau ambisius mempresentasikan film ini. Tapi hal itu tidaklah mengurangi kehebatan film ini. Para pemainnya tampi hebat baik itu Brad Pitt sampai pendatang baru seperti Hunter McCracken dan tentunya Jessica Chastain yang menjadikan 2011 sebagai tahun miliknya. Benar-benar pengalaman menonton yang luar biasa. Saya sangat menunggu 3 film Terrence Mallick yang akan rilisdalam 2 tahun kedepan dimana salah satunya yang berjudul Lawless akan menampilkan Ryan Gosling!

5 komentar :

Comment Page:
Fariz Razi mengatakan...

Yeaay Senna dan 50/50 dimasukkin :)) Great to see the inclusion of I Saw the Devil! Film gila tapi keren! Overall, great list!

@doniagustan mengatakan...

Yes. Great list. Ga sangka ada meek's cutoff. Gue juga suka bgt film itu.

Rasyidharry mengatakan...

@fariz hehe makasih. Senna & I Saw the Devil itu bener" kejutan. Nggak nyangka dua duanya bisa sekeren itu.

@doni Ada perasaan yang nggak bisa dijelasin pas nonton meek's cutoff *jieeh* :D

It's Dennis, not Denise mengatakan...

shit, eh sid maksud saya. hehehe...

bisa bikin review khusus karakter movie ga? bukan movienya loh...

Rasyidharry mengatakan...

@Dennis kalo sekali post buat ngereview satu karakter kayaknya belum kepikiran kesitu. Tapi kalo cuma ngebahas aspek" yang gak terlalu dalem dari beberapa karakter mungkin wae bisa