PREDIKSI PEMENANG OSCAR 2018

62 komentar

Tidak sampai sebulan lagi, tepatnya pada 4 Maret, ajang Academy Awards ke-90 siap digelar. The Shape of Water memimpin dengan 13 nominasi, diikuti Dunkirk (8) lalu Three Billboards Outside Ebbing, Missouri (7). Seperti banyak orang telah ketahui, Oscar semakin kental nuansa politis. Ketimbang sekedar kualitas, beragam isu dan kepentingan berperan sangat besar menentukan siapa saja yang bakal berjaya. Faktor tersebut tentu saja mempengaruhi prediksi saya kali ini. Tanpa perlu panjang lebar, ini dia prediksi pemenang Oscar 2018 versi Movfreak:

BEST VISUAL EFFECTS
Juri bakal lebih mengagungkan sinematografi Blade Runner 2049 ketimbang efek visualnya. Ini pertarungan Star Wars: The Last Jedi melawan War for the Planet of the Apes. Kemenangan Ex-Machina atas The Force Awakens 2 tahun lalu menunjukkan bahwa Oscar lebih menyukai efek realis ketimbang bombastis. War for the Planet of the Apes memenuhi kriteria itu.
Should Win: War for the Planet of the Apes
Will Win: War for the Planet of the Apes

BEST FILM EDITING
Butuh kejelian luar biasa guna menyesuaikan hentakan musik dengan perpindahan adegan dalam Baby Driver, tapi gerak taktis di medan perang Dunkirk bakal lebih membuai. Apalagi Dunkirk berdasarkan aspek teknis, dan berpeluang besar menguasai kategori-kategori terkait.
Should Win: Baby Driver
Will Win: Dunkirk

BEST COSTUME DESIGN
Phantom Thread adalah film tentang desainer. Fakta itu sudah cukup menyegel kemenangannya.
Should Win: Phantom Thread
Will Win: Phantom Thread

BEST MAKEUP AND HAIRSTYLING
Tidak ada kontes. Victoria & Abdul masuk hanya sebagai pelengkap, dan kemampuan tata rias Darkest Hour mendukung akting Gary Oldman, yang bisa dipastikan memenangkan Best Actor, memberinya keuntungan.
Should Win: Darkest Hour
Will Win: Darkest Hour

BEST CINEMATOGRAPHY
Nominasi ke-14 Roger Deakins. Mau sampai kapan Oscar membiarkannya nihil piala? Sudah waktunya itu diakhiri.
Should Win: Roger Deakins – Blade Runner 2049
Will Win: Roger Deakins – Blade Runner 2049

BEST PRODUCTION DESIGN
Ada kemegahan Beauty and the Beast serta cyberpunk memukau Blade Runner 2049, tapi mustahil rasanya peraih nominasi terbanyak tak memenangkan satu pun kategori teknis. Ini jatah The Shape of Water.
Should Win: Blade Runner 2049
Will Win: The Shape of Water

BEST SOUND MIXING
Saya tidak begitu menyukai Dunkirk, tapi kehebatan tata suaranya tak perlu diragukan. Tidak ada lawan berarti.
Should Win: Dunkirk
Will WIn: Dunkirk

BEST SOUND EDITING
Kasusnya serupa dengan kategori Best Sound Mixing.
Should Win: Dunkirk
Will Win: Dunkirk

BEST ORIGINAL SONG
Pertarungan Remember Me melawan This is Me. Remember Me adalah pondasi emosi Coco.
Should Win: Remember Me
Will Win: Remember Me

BEST ORIGINAL SCORE
Musik bak negeri dongeng Desplat sama indahnya dengan nada-nada elegan ciptaan Jonny Greenwood di Phantom Thread. Tapi cinta juri jelas lebih tercurah pada The Shape of Water.
Should Win: Alexandre Desplat – The Shape of Water
Will Win: Alexandre Desplat – The Shape of Water

BEST DOCUMENTARY – FEATURE
Kategori paling sulit ditebak tatkala dua unggulan, Jane dan City of Ghosts absen sebagai nominee. Strong Island dengan isu rasisme cukup berpeluang, tapi sejauh ini gaung lebih condong ke arah Faces Places.
Should Win: Icarus
Will Win: Faces Places

BEST FOREIGN LANGUAGE FILM
Loveless adalah film luar biasa dengan setumpuk shot-shot superior. Tapi kembali, faktor relevansi isu memegang peranan. A Fantastic Woman yang mengusung tema LGBT adalah unggulan.
Should Win: Loveless
Will WIn: A Fantastic Woman

BEST ANIMATED FEATURE FILM
Come on, there’s no contest here.
Should Win: Coco
Will Win: Coco

BEST ADAPTED SCREENPLAY
Naskah Aaron Sorkin luar biasa dalam merangkum fakta berbasis dialog tanpa melupakan hati. Namun kemenangan Call Me by Your Name di Writers Guild Awards makin menguatkan posisinya.
Should Win: Molly’s Game
Will Win: Call Me by Your Name

BEST ORIGINAL SCREENPLAY
Semula Lady Bird adalah unggulan, hingga Get Out memenangkan Writers Guild Awards. Ditambah usungan isu rasisme, jalur kemenangannya terbuka lebar.
Should Win: Three Billboards Outside Ebing, Missouri
Will Win: Get Out

BEST SUPPORTING ACTRESS
Laurie Metcalf jelas menyuguhkan akting yang lebih kompleks ketimbang Allison Janney, tapi menilik hasil Screen Actors Guild Awards, kemenangan Janney sulit dibendung.
Should Win: Laurie Metcalf – Lady Bird
Will Win: Allison Janney – I, Tonya

BEST SUPPORTING ACTOR
Kemenangan Rockwell di Screen Actors Guild Awards merupakan modal utama. Satu-satunya penghalang apabila juri termakan backlash seputar karakter rasis yang ia perankan. Bila terjadi, Willem Dafoe siap mencuri kesempatan.
Should Win: Sam Rockwell – Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Will Win: Sam Rockwell – Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

BEST ACTRESS
Alasan yang sama: Screen Actors Guild Awards. Akting McDormand memang luar biasa, walau saya tak keberatan jika Sally Hawkins muncul sebagai pemenang.
Should Win: Frances McDormand - Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Will Win: Frances McDormand - Three Billboards Outside Ebbing, Missouri

BEST ACTOR
Satu-satunya yang bisa menggagalkan kemenangan Oldman adalah kasus kekerasan yang pernah ia lakukan ke mantan istrinya, Donya Fiorentino mempengaruhi pilihan juri. Di situ peluang Timothée Chalamet muncul.
Should Win: Gary Oldman – Darkest Hour
Will Win: Gary Oldman – Darkest Hour

BEST DIRECTOR
Hasil Directors Guild Awards jelas menguntungkan del Toro. Lawan beratnya adalah Greta Gerwig yang bakal selaras dengan gerakan-gerakan terkait hak wanita yang marak terjadi belakangan.
Should Win: Guillermo del Toro – The Shape of Water
Will Win: Guillermo del Toro – The Shape of Water

BEST PICTURE
Ini perlonbaan tiga kuda pacu: Three Billboards Outside Ebing, Missouri, The Shape of Water, dan Lady Bird. Empat jika menghitung Get Out dengan tema rasialisme miliknya, tapi juri akan puas memberi kemenangan di naskah. Three Billboards merupakan unggulan sampai beberapa waktu terakhir tuduhan rasisme mencuat. Untuk menebak, kita perlu memahami sistem penghitungan kategori ini. Bukan cuma “Siapa yang paling disukaii” yang harus diperhatikan, juga “siapa yang paling tidak dibenci”. The Shape of Water sesuai dengan syarat itu.
Should Win: Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
Will Win: The Shape of Water

62 komentar :

Comment Page:
Arvianto mengatakan...

Komentar pertama setelah sekian lama jadi silent reader :D
Ternyata buat dapet Oscar gak melulu soal bagus apa enggaknya ya bang? Bnyk bgt aspek yang mempengaruhi, kayaknya juga oscar jadi semacam akumulasi dari penghargaan yang diraih sebelum Oscar, objektif enggak sih bang para juri nentuin pemenang Oscar?

Rasyidharry mengatakan...

Selalu ada kepentingan, nggak pernah semata soal kualitas. Itu yang perlu diinget. Dari dulu begitu, tapi belum kayak sekarang. Bukan akumulasi, tapi karena khusus buat masing-masing cabang "Guild Awards", jurinya hampir sama dengan Oscar.

Objektif atau nggak? Menentukan kualitas film nggak bisa sepenuhnya objektif, mau itu di awards atau sekedar review :)

Chan hadinata mengatakan...

Dari semua film nominee yg sdh sy tonton.. three billboard mngkin sampe 10-20 tahun masi sy ingat..
Yah smoga gak ada insiden "salah sebut" kyk tahun lalu hahaha

Unknown mengatakan...

wah.. nonton phantom thread dmn bang

Rasyidharry mengatakan...

@Chan Yes, harusnya itu yang menang, sayang kena black campaign

@Febrian Udah beredar di lapak kok :)

Unknown mengatakan...

aspek sosial selalu terdepan sih kalau oscar itu. jadi antara the shape of water dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri. menurut saya Three Billboards Outside Ebbing, Missouri sih...

Anonim mengatakan...

Call Me By Your Name kok gak dapat satupun, saya malah menjagokan

Rasyidharry mengatakan...

Pengennya sih juga Three Billboards, tapi susah. Kena tuduhan rasisme itu fatal, udah kayak hukuman mati buat peluang menang best picture

Rasyidharry mengatakan...

Susah buzz-nya makin ke sini makin ilang

Taufik Adnan Harahap (Opik) mengatakan...

baby driver gak masuk prediksi di best picture?

SINESTESIA mengatakan...

Gary Oldman menurut saya sih bakal menang-menang saja apapun kasusnya.Orang Casey Affleck aja yang sekarang absen karena takut pun menang.Tahun ini tidak terlalu banyak tokoh muda yang masuk kelihatanya,berbanding terbalik sama tahun lalu,kecuali Get Out.Untuk actress entah kenapa saya lebih condong ke Sally Hawkins

Unknown mengatakan...

Best picture jagoin The Shape of Water sih. Best aktor jagoin chalamet tapi apa daya gary oldman menggeliat dibantu make up tebalnya wkwk udah gitu masih ada bayang2 daniel day lewis yg banyak dijagokan juga so bye chalamet:(. Best aktris dulu pgn bgt saoirse ronan menang tp setelah nonton the shape of water pgn banget sally hawkins menang dengan segala kenaturalannya bertutur lewat gestur dan mimik muka hem tapi kayanya frances sangat perkasa:(. Bang masa iya sih naskahnya lady bird bakal kalah sama get out?hm.

Unknown mengatakan...

Best picture jagoin The Shape of Water sih. Best aktor jagoin chalamet tapi apa daya gary oldman menggeliat dibantu make up tebalnya wkwk udah gitu masih ada bayang2 daniel day lewis yg banyak dijagokan juga so bye chalamet:(. Best aktris dulu pgn bgt saoirse ronan menang tp setelah nonton the shape of water pgn banget sally hawkins menang dengan segala kenaturalannya bertutur lewat gestur dan mimik muka hem tapi kayanya frances sangat perkasa:(. Bang masa iya sih naskahnya lady bird bakal kalah sama get out?hm.

Chan hadinata mengatakan...

Baru ngeh.. movfreak uc news-nya kemana mas??

Rasyidharry mengatakan...

@Taufik Baby Driver kan nggak dapat nominasi Best Picture

@Bobby Oh iya, yang kena ya James Franco, karena skandalnya baru. Hawkins bagus banget, nggak keberatan kalau dia menang. Tapi susah buat dia menang. Terakhir kali aktris pemenang SAG nggak menang Oscar itu Viola Davis tahun 2011, itu pun karena saingannya Meryl Streep.

@Andi Prediksi Get Out karena 1) Tema rasisme lagi kuat, 2) 7 dari 10 pemenang WGA terakhir di kategori Best Original Screenplay akhirnya menang Oscar. Get Out malah beberapa hari terakhir buzz-nya makin tinggi, bukan cuma bisa menang naskah, peluang menang Best Picture makin besar. Mungkin ada di urutan kedua setelah The Shape of Water.

@Chan Lagi vakum nulis di sana, nanti kalau mulai lagi dipasang lagi :)

Anonim mengatakan...

80-90% Mirip (dan setuju) sama prediksinya.

Perbedaan cuma di Best Foreign Language (The Square) & Best Original Score (Hans Zimmer) yang lebih saya favoritkan.

Anyway, Golden Globe beberapa waktu lalu, punya cukup pengaruh untuk menentukan pemenang di Oscar? @Rasyhidharry

Zulfikar Knight mengatakan...

Kalau urutan BP dri yg terbaik sampe terburuk menurut Mas Rasyid gimana?

Rasyidharry mengatakan...

GG nggak begitu. Jurinya beda. Mungkin bakal kasih pengaruh di buzz, kayak "wah, si ini menang GG, bagus kayaknya". Sebatas itu

Rasyidharry mengatakan...

Three Billboards > Phantom Thread > Call Me By Your Name > Darkest Hour > The Post > The Shape of Water > Lady Bird > Get Out > Dunkirk

Tapi kalau The Shape of Water & Lady Bird nonton di bioskop, mungkin lebih tinggi

Chan hadinata mengatakan...

Wow.. phantom thread.. kasi saran donk biar bisa nikmatin nonton phantom thread.. masi bingung bagusnya dimana hehe
Mas.. sdh liat hasilnya BAFTA award?? Ideal banget mnurut sy

Zulfikar Knight mengatakan...

Aowowowwk suasana mempengaruhi penilaian

Rasyidharry mengatakan...

@Chan Waduh ya nggak ada, simply not your cup of tea kalo gitu. BAFTA so far emang lebih berbasis kualitas sih, nggak sebanyak Oscar campur tangan politisnya

@Zulfikar Oh jelas, apalagi Shape of Water dengan visual & scoring yang keren itu. Mana maksimal cuma di layar dan speaker kecil

Penderankuh mengatakan...

Tetap. Three Billboards masih menjadi favorit bagi saya.

Luqman mengatakan...

Akhirnya prediksi Oscar 2018 nya kang Rasyid keluar juga, ini yang saya tunggu2. Omong2 untuk kategori Best Foreign Languange, untuk "The Square" nya Ruben Ostlund apakah akan berpeluang kuat juga berjaya di Oscar? Secara film ini sudah menang Palme d'Or di Cannes Film Festival.

Rasyidharry mengatakan...

@hergia Peluang sih tetep ada, tapi kecil. Selain nggak usung tema yang bakal dianggap "happening", taste jurinya juga beda. Dari 10 pemenang Palme d'Or terakhir, cuma Amour yang bisa bawa pulang piala.

Unknown mengatakan...

Tetap ingin The Mystery of Love menang best original song!!!

Rasyidharry mengatakan...

Oh boleh kalau itu :)

Anonim mengatakan...

Bang, Nolan ga menang best director nih? Ada apa?

Zulfikar Knight mengatakan...

Udah nonton TBOEM kemarin

Dixon: ""How come Chief Willoughby" What?"
Tukang Iklan: "What?"
Dixon: "Yeah."
Tukang Iklan: "Huh?"
Dixon: "How come what? What what?"
Tukang Iklan: "What?"

Martin McDonagh wins Best Original Screenplay

Rasyidharry mengatakan...

Haha keren itu, selain dia cuma Coen bros yang bisa nulis begituan

Rasyidharry mengatakan...

Bagusan del Toro lah, bahkan Gerwig & PTA lebih pantes

Unknown mengatakan...

Review film phantom thread dong wkwk

Anonim mengatakan...

Wah oke bang,saya mau nanya deh bang kalau menilai bagus engga nya director itu darimana ya bang? Bisa Bantu jelaskan bang? Saya bingung terima kasih

Rasyidharry mengatakan...

@Anonim Banyak cara sih, dari gimana dia bangun intensitas adegan, pilihan shot, dinamika, emosi, tempo, tone, dan lain-lain. Bisa juga dari cara visualisasi adegan (coba baca skrip "La La Land" bayangin gimana Chazelle bisa translate kalimat itu ke bahasa visual).

Zulfikar Knight mengatakan...

Trus ada lgi,
Dixon: "Hey, what the fuck is this?"
Jerome: "The fuck is what?"
Dixon: "THIS. THIS."

Mukanya si Caleb Landry Jones yg selalu ngantuk, sempoyongan seperti abis nyimeng ganja. Di film Get Out sama American Made jga dia gitu.

Trus waktu adegan si Red Ama Pamela soal surat. Klo si Red bertanya, si Pamela pasti mengawali kalimatnya dgn kata 'well'. Bagi ane itu agak aneh dan quirky.

Trus si Penelope, pacar mantan suami Mildred, kalau bicara gak pake spasi koma titik. Cerewet.

I love this movie. I really do. Tpi terkadang, semua tokoh yg ada disini orangnya rada rada geblek. Terutama si Dixon. Yg innocent mungkin cuma 2 anaknya Willoghby.

Tpi justru itu ciri khas black comedy kebanyakan, dan ciri khas seorang McDonagh.

Ane dukung film ini memang BP. Tpi klo emang gak menang, setidaknya film ini salah satu film yg bakalan banyak diingat org. Macem La La Land tahun lalu.

Syaiful Rizki mengatakan...

Entahlah, tapi menurut gua terhitung sejak 12 Years a Slave, Oscar makin kental dengan nuansa politis dan masalah-masalah rasial. Ya, Three Billboards bakal kalah sama The Shape of Water, namun film itu bakal jadi film yang paling terkenang di tahun ini, kasus yang sama dengan La La Land di tahun lalu.

Rasyidharry mengatakan...

Kalau The Shape of Water bukan alasan politis kok, walaupun Three Billboard kena backlash karena isu ras, The Shape of Water masih layak. Kalau Get Out menang Best Picture baru... :)

Rasyidharry mengatakan...

I know right? Susah kalau suruh pilih satu momen favorit. Sayang, kena black campaign.

Zulfikar Knight mengatakan...

Nominasi Jenkins dalam peran gay

Nominasi Spencer sebagai kulit hitam

Teori nyeleneh orang soal manusia laut yg ibaratnya people of color atau yg "berbeda"

Ya, for me, TSOW agak politis

Rasyidharry mengatakan...

@Zulfikar Kalau subteks seperti itu sih hampir semua film ada. Three Billboards & Lady Bird misalnya, juga bicara feminisme. Bukan berarti kalau pemenangnya ada subteks berarti semata alasan politis. Poinnya, apakah kepentingan pesan itu lebih dipentingkan ketimbang kualitas oleh juri. Contoh gampang ya Moonlight tahun lalu

Anonim mengatakan...

Bang, martin mcdonagh sejelek itukah penyutradaraannya? sampe gadilirik juri oscar untuk film se keren TBOEM.

Rasyidharry mengatakan...

@Anonim Nggak dapet nominasi kan bukan berarti jelek. Harusnya dia dapet, bahkan jadi saingan kuat Del Toro. Mungkin menurut juri, TBOEM lebih ke script-oriented & acting-oriented

Deprata One mengatakan...

Semua film itu pasti memiliki ciri khas, dan dalam nominasi best picture oscar lebih melihat pada sisi pesan moral yang disampaikan lewat film tersebut, menurut aku three billboards outside ebbing, missouri pantas memenangkannya. Aku rasa bentuk rasis me yang ada di dalamnya itu hanyalah ciri khas dalam sebuah film, dan film ini juga punya pesan moral yang kuat dan banyak yang bisa kita petik, mulai dari bentuk keadilan yang harus ditegakkan.

Rasyidharry mengatakan...

@Denny lebih tepatnya "kepentingan-kepentingan" dan "isu yang lagi marak daripada "pesan moral". Untuk tahun ini ya "black lives matter" sama "me too movement"

Aldi Lumbangaol mengatakan...

kalo ini prediksi saya:

BEST PICTURE : LADY BIRD
Saya suka sama Saoirse Ronan, bahkan dulu saya lebih menyetujui Brooklyn yang dapet Best Picture ketimbang Spotlight, ya karna di Brooklyn ada Ronan. Lagipula 2 tahun terakhir PGA dan Oscar nggak kompakan soal pemenang, jadinya berharap tahun ini seperti itu.
BEST DIRECTOR : GUILLERMO DEL TORO - THE SHAPE OF WATER
Setelah Alfonso Cuaron & Alejandro Inarritu dapet gelar Best Director, kini giliran rekan mereka yang menyusul (OOT, masih nggak terima Pan's Labyrinth kalah sama The Lives of Others, hiks...)
BEST ACTRESS : SALLY HAWKINS - THE SHAPE OF WATER
Aneh memang saya lebih memilih Hawkins ketimbang McDormand, tapi coba dipikir-pikir dulu, sejak Oscar 2015, para juri selalu memenangkan pemenang baru di kategori akting, dan ini memberikan kesempatan bagi Hawkins untuk dapet piala pertamanya.
BEST ACTOR : GARY OLDMAN - DARKEST HOUR
Kalo Casy Affleck aja taun lalu bisa menang meskipun dia punya skandal pribadi, Oldman pasti juga menang karna Oscar lebih menilai ke aktingnya, bukan masaah pribadinya. (sedikit catatan, entah kenapa Oscar lebih memilih Daniel Kaluuya ketimbang Jackman (The Greatest Showman) & Franco (Disaster Artist?)).
BEST SUPORTING ACTOR : WILLEM DAFOE - THE FLORIDA PROJECT
Lebih suka Dafoe ketimbang Rockwell.
BEST ORIGINAL SCREENPLAY : GRETA GERWIG - LADY BIRD
BEST ADAPTED SCREENPLAY : SCOTT NEUSTADTER & MICHAEL H. WEBER - THE DISATER ARTIST
Aaron Sorkin udah pernah dapet piala, jadi giliran duo penulis ini yang harus dapet.
BEST ANIMATED FEATURE : COCO
Pokoknya kalo ada Pixar di kategori ini udah pasti menang, even Brave yang (sebenarnya) biasa aja. ( Monsters, Inc. & Cars nggak masuk itungan deh :))
BEST FILM EDITING : BABY DRIVER
Editing Dunkirk membingungkan, jadi pilih ini aja.
BEST PRODUCTION DESIGN : THE SHAPE OF WATER
Semua filmnya del Toro layak dapet piala di kategori ini.
BEST CINEMATOGRAPHY : DUNKIRK
Sorry fans Roger Deakins, saya lebih menyukai sinematografi film ini.
BEST ORIGINAL SCORE : DUNKIRK
Harusnya doski juga menang di Oscar 2009, 2011, & 2013, tapi berharap Oscar 2018 ini Zimmer dapet Oscar keduanya.
BEST ORIGINAL SONG : 'REMEMBER ME" - COCO
Dulu menang dari filmnya Disney, sekarang pasangan suami-istri ini harus menang dari filmnya Pixar. Besok-besok mereka harus dapet piala dari filmnya Marvel, Lucasfilm, dan semua film yang diproduksi anak perusahaan Disney lainnya *apasihini*
BEST COSTUME DESIGN : THE SHAPE OF WATER
Serupa tata artistiknya, semua film del Toro, kecuali Pacific Rim, layak dapet piala di kategori ini.
BEST MAKEUP & HAIRSTYLING : DARKEST HOUR
Alasan sama kayak alasan mas Rasyid
BEST SOUND EDITING & MIXING : BABY DRIVER
Menurut saya film ini yang terbaik dari semua nominee di kategori ini perihal tata suara.
BEST VISUAL EFFECTS : WAR FOR THE PLANET OF THE APES
Cukup unik karna selaen Kong, semua predessor sebelumnya dari para nominator ( Blade Runner, Guardians of the Galaxy, Rise / Dawn of the Planet of the Apes, dan Star Wars: The Force Awekens juga dapet nominasi di kategori ini, dan semuanya sama-sama kalah. saya lebih memilih War karna kalo sampe franchise ini kalah lagi di kategori ini ada yang salah dengan Oscar.
other nominees: no comment, hehehe

Udah ,itu aja :)

Unknown mengatakan...

Saya tidak begitu menyukai Dunkirk, tapi kehebatan tata suaranya tak perlu diragukan. Tidak ada lawan berarti.
Should Win: Dunkirk
Will WIn: Dunkirk


Hahahaha saya ketawa bacanya. Saya suka bngt Dunkrik loh entah kenapa. Tp klo bbrp org ga suka ya gbs salahin jg. Pacar saya aja tdur nntn film ini. Tp emng soundnya hajeb bgt.

Ooya, best animation, kenapa Loving Vincent ngga diperrimbangkan ya mas?
Thanks you ya. Great review, inspiring!

Rasyidharry mengatakan...

@Aldi True, PGA 2 tahun belakangan beda terus, makin nggak bisa jadi patokan. Jadi patokan kedua ya SAG, secara mayoritas juri Oscar itu dari cabang akting, which is menangin Three Billboards. Lady Bird peluangnya masih ada, ngelihat "Me too movement" yang makin marak, tapi sepertinya trio Shape of Water-Three Billboards-Get Out yang bakal berjaya (ngomongin peluang ya, bukan kualitas). Kalau 4 kategori akting sih 99% yakin sama prediksi di atas. In fact, cuma Best Picture dan beberapa kategori teknis aja yang masih susah diraba pemenangnya.

@Hizkia Makanya, suka nggak suka sama keseluruhan filmnya, camerawork & tata suaranya harus diakui luar biasa. "Loving Vincent" susah. Animasinya cakep, tapi ceritanya nggak kuat

Anonim mengatakan...

Mas, armie hammer emang kalah bagus ya aktingnya sama 5 suporting aktor di atas? Gue sih ngerasa armie hammer tampil mengesankan di call me by your name.

Rasyidharry mengatakan...

Nggak juga. Bagusan dia daripada Plummer, tapi juri Oscar pasti pengen kasih penghormatan ke Plummer karena reshoot All the Money in the World, dan ada pemikiran "wah keren, waktu persiapan sedikit bisa sebagus itu". Apalagi Plummer termasuk senior yang dihormati di industri. Ditambah juga kampanye Sony Pictures Classic kayaknya lebih fokus ke Timothee. Hammer juga bilang males "jual diri", ya susah

hilpans mengatakan...

Saoirse ronan...semoga oscar menghampiri mu tahun ini.. Keluwesan doi ,enjoy dan brjiwa dlm brKting sejak atonement..bisalah menganjal penampilan powerfulny frances dan kompleksitasnya saly tpi oh emak meryl streep membuat the post berkilauu..dan margot robie di I,tonya..penampilan trbaik dr film2 yg dibintanginya

Rasyidharry mengatakan...

@hilpans Haha menarik nih, fans Saoirse itu fanatismenya luar biasa. Tenang, doi masih muda. Baru menang 20 tahun lagi juga nggak apa *eh*

Zulfikar Knight mengatakan...

Bingung nih antara Sam Rockwell atau Willem Dafoe.

Chan hadinata mengatakan...

Mantap mas.. 1 aja yg meleset
Hail mcdormand 😁

Rasyidharry mengatakan...

@Chan Salah 2 itu, dokumenter sama visual effects :D

Anonim mengatakan...

Kalo prediksi si @Aldi Lumbangaol banyakan ngawuurr.. wkwkwkw..

Syahrul Tri mengatakan...

hmmm lagi lagi saya kecewa lagi seperti tahun lalu , berharap La La Land bakal raih oscar ternyata Moonlight , tahun ini berharap Three Billboards , malah Shape Of Water , kok bisa sih , dari kualitas cerita bagusan Three billboards lah but whyyyyy

Drama-movie mengatakan...

Should win sm Will win bedanya gimana mas? Apa Will Win itu prediksi akhir bahwa itu yg kemungkinan pasti menang?

Rasyidharry mengatakan...

@Syahrul Haha jangan dibandingin sama tahun lalu. Shape of Water masih film bagus, menang emang karena estetika, bukan kayak Munlait yang lebih karena politis dan bakal cepet dilupain.

@Drama Will Win itu prediksi, Should Win itu opini, mana yang harusnya menang menurut saya. Intinya Will Win itu hasil kalkulasi, Should Win personal taste.

agoesinema mengatakan...

Hebat prediksinya

Anonim mengatakan...

List BEST PICTURE saya:
1.THE SHAPE OF WATER
2.PHANTOM THREAD
3.THREE BILLBOARDS
4.CALL ME BY YOUR NAME
5.LADY BIRD
6.DARKEST HOUR
7.DUNKIRK
8.THE POST
9.GET OUT

Rina mengatakan...

mas kok bisa oscar dan cannes tidak pernah sama best picturenya?

Rasyidharry mengatakan...

@Rina Karena juri & film-film yang ikut beda. Faktor-faktor di luar kualitas film yang mempengaruhi penilaian juga beda.