MISS & MRS. COPS (2019)

3 komentar
Seperti kebanyakan buddy cop, saya hanya berharap dihibur oleh Miss & Mrs. Cops (memakai judul Girl Cops di Korea Selatan), sehingga terasa mengejutkan saat kisahnya mampu tampil cukup menggigit. Pada masa di mana kasus Seungri masih menjadi topik panas ditambah berita menyedihkan mengenai percobaan bunuh diri Goo Hara, relevansi debut penyutradaraan Jung Da-won ini pun melambung tinggi.

Sudah jadi pengetahuan umum jika Korea Selatan bukanlah surga bagi wanita untuk menjalani hidup. Tengok apa yang menimpa dua tokoh utama film ini. Mi-yeong (Ra Mi-ran) sempat dikenal sebagai detektif berprestasi, sampai ia menikahi pria tak berguna yang gagal menjadi pengacara, memiliki anak, lalu dipaksa pindah ke belakang meja di divisi pelayanan masyarakat. Sementara adik iparnya, Ji-hye (Lee Sung-kyung) mesti bertugas bersama pria-pria yang menganggap pelecehan seksual adalah kasus remeh. Pasca masalah beruntun akibat kegagalannya menahan emosi, Ji-hye dipindahkan ke divisi Mi-yeong. Bersama mereka ada pula Jang-mi (Choi Soo-young), ahli komputer kelas satu yang memakai kemampuannya untuk meretas situs demi mendapatkan tiket konser BTS baris depan.

Keseharian di kantor tampak suram bagi mereka, sampai seorang gadis datang untuk memasukkan laporan. Dia terlihat ketakutan, dipenuhi keraguan, sebelum akhirnya mengurungkan niatnya, lalu secara sengaja menabrakkan diri ke truk yang melaju kencang. Dia koma, tapi berkat Jang-mi, mereka berhasil mendapatkan informasi dari telepon genggam sang gadis, mengungkap bahwa ia merupakan salah satu korban pemerkosaan dan cybercrime yang tengah marak terjadi.

Modus operandi para pelaku selalu sama: Berburu korban di kelab malam, membiusnya, memperkosa sambil merekam tindakan kejam itu, kemudian mengunggah videonya. Banyak korban memilih bunuh diri karena tiada yang mampu dilakukan selain menyalahkan diri sendiri, tatkala kepolisian enggan menanggapi kasus tersebut secara serius. “Kamu ikut emosional karena kamu juga seorang wanita kan?”, begitu kata salah satu rekan Ji-hye.

Tema di atas jelas tergolong kelam di tengah sajian buddy comedy penuh lelucon “bodoh”. Sebuah usaha yang berani dari Jung Da-won selaku penulis naskah, walau seringkali keberanian itu jadi senjata makan tuan tatkala perpindahan antara dua tone yang bertolak belakang berlangsung kurang mulus. Potensi beberapa humor pun terbuang, karena kerap ditempatkan di waktu yang tak sesuai, segera setelah situasi serius bahkan gelap.

Beruntung, soal komedi, Miss & Mrs. Cops punya amunisi lengkap, sehingga tetap mampu memancing banyak tawa, walau keputusan Jung Da-won menerapkan gaya-gaya seperti quick cuts dan split screen guna menghadirkann dinamika justru sering mengganggu aliran penceritaan. Jangkauan humornya cukup luas, dari slapstick, komedi situasi over-the-top, sampai cameo menghibur dari dua aktor besar Korea Selatan. Tapi tiga aktris utamanya tetaplah jiwa film ini.

Mi-ran, Sung-kyung, dan Soo-young punya chemistry solid selaku modal menampilkan interaksi berwarna nan menggelitik yang tidak terbatasi ruang sempit tempat karakter mereka dipaksa berdesakan di kantor. Bahkan lokasi tersebut termasuk faktor penambah kelucuan. Sebagai SONE (fans SNSD), kejenakaan Soo-young tidaklah mengejutkan saya. Sung-kyung pun merupakan aktris berbakat yang bisa membuat penonton tertawa dan tersentuh melalui ekspresi. Sementara Mi-ran membuktikan jika usia hanya angka belaka lewat keberhasilannya memerankan polisi tangguh. Berkat ketiga aktris (plus isu yang diangkat), mudah bagi saya memedulikan nasib karakternya.

Kejahatan seksual terhadap wanita, bagaimana laki-laki memandang remeh kasus tersebut, serta aparat yang sekadar mengutamakan jabatan dan penilaian kerja merupakan beberapa isu penting yang diangkat Miss & Mrs. Cops. Penyampaiannya mungkin tanpa kesubtilan, tapi melihat kondisi terkini, penuturan subtil bukanlah urgensi. Bagaimana membangunkan kesadaran masyarakat adalah hal terpenting.

3 komentar :

Comment Page:
Budi mengatakan...

Jd inget midnight runner..... Menurut bang Rasyid kocakan mn?

Unknown mengatakan...

Sama-sama seru. Nilai plus karena di sini ada Sooyoung hehe

cKAja mengatakan...

film korea yang katanya lucu. ahhh bakal nonton ini film deh