REVIEW - WONKA

25 komentar

Lupakan trailernya yang cenderung generik. Wonka adalah persembahan sinematik penuh pernak-pernik unik, ketika Paul King, yang menyutradarai sekaligus menulis naskahnya bersama Simon Farnaby, membawa kita memasuki dunia ajaib yang tiap sudutnya mampu memunculkan decak kagum.  

Beberapa orang bakal mengkritisi minimnya sisi kelam yang identik dengan novel karya Roald Dahl, maupun dua adaptasi layar lebar sebelumnya, Willy Wonka & the Chocolate Factory (1971) dan Charlie and the Chocolate Factory (2005). Tapi selaku prekuel yang menyoroti masa muda penuh impian seorang Willy Wonka (Timothée Chalamet), perbedaan tone tersebut sejatinya masuk akal. Lagipula, untuk apa merindukan kegelapan di dunia yang lebih membutuhkan kebahagiaan seperti sekarang?

Didasari kenangan masa kecil kala menyantap cokelat lezat buatan sang ibu (Sally Hakwins), Wonka pun bercita-cita membuka toko cokelat di Galeries Gourmet yang tersohor. Prosesnya tak mudah, terutama akibat tentangan dari sang pesaing, Arthur Slugworth (Paterson Joseph), yang menyuap si kepala polisi (Keegan-Michael Key) untuk menghancurkan usaha Wonka. 

Wajar jika para pesaing ketar-ketir, sebab Wonka bukan pembuat cokelat biasa. Ada cokelat yang dapat membuat orang melayang setelah memakannya, ada pula cokelat dengan beragam bahan dasar aneh, dari susu jerapah hingga sambaran petir. Desainnya pun beraneka rupa, yang seluruhnya Wonka ciptakan di pabrik portabel yang tersimpan dalam kopernya. 

Visi Paul King, didukung desain produksi sarat kreativitas, berhasil menebar kesan magis di tiap sisi yang penonton kunjungi. Tentu saja, mengingat Wonka lahir dari kepala manusia British, balutan humornya pun memiliki keeksentrikan serupa. 

Filmnya tak menyisakan ruang bagi kenormalan. Setiap menit menyediakan lahan eksplorasi yang playful, bahkan di saat karakternya mesti hidup dalam penderitaan. Di satu titik, Wonka terjebak tipu daya Mrs. Scrubbit (Olivia Colman) dan Bleacher (Tom Davis), yang membuatnya terkurung bersama orang-orang bernasib serupa. Salah satunya seorang bocah bernama Noodle (Calah Lane) yang tidak mengetahui identitas orang tuanya. 

Mereka tidak berdaya, menderita, dan cuma aktivitas bernyanyi bersama yang menjaga harapan agar tetap tersisa. Didukung barisan lagu catchy, termasuk versi baru dari Pure Imagination, Paul King menjadikan musikal sebagai cara karakternya mengekspresikan harapan mereka. Pengadeganannya imajinatif, layaknya mimpi indah yang kemunculannya mendatangkan kebahagiaan yang menyentuh hati.

Timothée Chalamet piawai mengolah gestur saat melakoni musikal, walau ada kalanya, untuk sebuah presentasi bigger-than-life macam Wonka, cara sang aktor berekspresi masih terlalu berkutat pada gaya realis yang memang jadi ciri khasnya. Sedangkan dua nama senior, Olivia Colman dan Sally Hawkins tampil tanpa cela sebagai dua figur berlawanan. Colman menjadi sosok keji yang gampang dibenci, sebaliknya, Hawkins dalam kemunculan singkatnya mampu meniupkan kehangatan. 

Jika perlu gambaran yang agak menggambarkan (namun tidak berlebihan), Wonka ibarat peleburan antara Paddington dengan La La Land. Sebuah kejutan menyenangkan yang lebih manis dari sekotak cokelat. Rasa manis itu bernama "kebersamaan". 

25 komentar :

Comment Page:
Anonim mengatakan...

Terima kasih masRH, selalu baca review dimari sebelum menonton.

Anonim mengatakan...

Skip, mending nunggu siksa neraka

Anonim mengatakan...

film para bocil ABG

Anonim mengatakan...

Timothée Chalamet, the best bot gay ever

Anonim mengatakan...

terlalu berwarna pelangi, nggak cocok untuk keluarga & anak~anak

Anonim mengatakan...

colorfull wtf memorable

Anonim mengatakan...

KDRT & Bullying

Anonim mengatakan...

terlalu horror untuk family

Anonim mengatakan...

permen di balut kekerasan musikal LGBT+

Anonim mengatakan...

tunggu gajian aja nonton di bioskop

Anonim mengatakan...

rowan atkitson tetap mr.bean tercinta

Anonim mengatakan...

oh dear too horny too dark: olivia colman & tom davis

Anonim mengatakan...

Paterson Joseph, penjahat sesungguhnya

Anonim mengatakan...

ending yang membagongkan

Anonim mengatakan...

nyesel gue sampai nonton 3x di bioskop, damn too good

Anonim mengatakan...

jangan lupa sambil makan coklat nonton di bioskop

Anonim mengatakan...

akhirnya sukses juga tidur di bioskop 33 menit...

Anonim mengatakan...

film recehan, over budget produksi, rugi

Anonim mengatakan...

kegagalan Paul King sebagai sutradara sekaligus penulis naskah bersama Simon Farnaby terlalu gore & tidak menyenangkan bagi anak anak

Anonim mengatakan...

novel karya Roald Dahl keren malah di acak acak dan terhujat bad point

Anonim mengatakan...

sumpah lu kelahiran brp sih ? film wonka dibilang film bocil ABG. norak lu

Anonim mengatakan...

too scary untuk anak anak

Anonim mengatakan...

luar biasa mas rasyid atas review film film nya

Anonim mengatakan...

nggak laku di pasaran, itu lazim, nonton aja...seru banget

Anonim mengatakan...

masih bertahan di bioskop