CHINATOWN (1974)

Tidak ada komentar
Seorang private investigator bernama J.J. Gittes (Jack Nicholson) disewa oleh seorang wanita (Diane Ladd) untuk menyelediki suaminya, Hollis Mulwray (Darrell Zwerling) yang merupakan pimpinan dari departemen Water and power di Los Angeles. Dalam penyelidikannya, Gittes berhasil mendapatkan foto yang memperlihatkan Mulwray sedang bermesraan dengan seorang wanita muda yang dicurigai sebagai selingkuhannya. Keesokan harinya setelah foto itu dimuat di halaman depan surat kabar, Gittes didatangi oleh Evelyn Cross (Faye Dunaway) yang ternyata adalah istri sebenarnya dari Hollis Mulwray.

Menyadari bahwa dirinya telah ditipu, Gittes kembali melakukan penyelidikan dan dikejutkan oleh ditemukannya mayat Hollis Mulwray yang dia curigai telah tewas dibunuh dan bukan bunuh diri atau tenggelam karena kecelakaan.. Penyelidikan Gittes menjadi makin dalam dan mengarah kepada hal-hal yang tidak dia duga sekaligus berbahaya. Sinopsis saya diatas jelas tidak mampu menggambarkan bagaimana rumitnya dan mengasyikkannya sekaligus luar biasanya film arahan sutradara Roman Polanski ini.
Penyutradaraan Polanski memang bagus dan pantas mendapat nominasi "Best Director" di Oscar 1975, tapi kekuatan utama "Chinatown" adalah naskahnya yang ditulis oleh Robert Towne. Begitu banyak kehebatan naskahnya, tapi yang paling kuat adalah bagaimana begitu banyak kejutan yang tersimpan rapih dalam kisahnya dan akan mengejutkan kita. Memang wajar film seperti ini menyimpan twist, tapi kejutan dalam "Chinatown" bukan kejutan murahan yang membohongi penonton tapi berupa kejutan cerdas Hal itulah yang membuat saya tidak mau menuliskan terlalu banyak sinopsis dalam review ini. Tapi tidak hanya elemen misteri, Robert Towne juga menyelipkan isu sosial mengenai hak-hak pengairan dan lahan di Los Angeles yang setelah film ini orang-orang menjadi aware terhadap isu-isu tersebut.

Tapi bukan berarti hanya naskahnya saja yang brilian. Bisa dilihat dari nominasi Oscar yang didapat, semua aspek artistik mendapat nominasi walaupun yang menang hanya naskahnya. Jack Nicholson dan Faye Dunaway juga mendapat nominasi "Best Actor" dan "Best Actress". Saya selalu suka dengan Jack Nicholson. Berbeda dengan aktor senior lain macam Robert de Niro yang walaupun aktingnya selalu bagus tapi karakternya sudah bisa diprediksi, Nicholson beda. Selain berakting bagus, karakter yang dia mainkan selalu punya sisi unik tersendiri dan menyenangkan dilihat. Jarang dia memerankan karakter yang terasa suram atau cool. Sangat pantas dia menjadi satu dari dua aktor (satunya Michael Caine) yang selalu mendapat nominasi Oscar tiap dekade. Aspke lainnya yang paling menonjol adalah scoring music dimana musiknya bisa benar-benar membangun nuansa ketegangan dan misterius. Sebuah film yang benar-benar sempurna disemua aspeknya.

RATING:

Tidak ada komentar :

Posting Komentar