TOP 20 MOVIES OF 2012

8 komentar
Akhirnya blog ini sempat juga merilis daftar film terbaik 2012 meskipun tahun 2013 sudah berlalu lebih dari seminggu. Sayangnya untuk tahun 2012 ini jumlah film yang saya tonton jauh lebih sedikit dari tahun 2011. Tercatat beberapa film yang dianggap terbaik seperti Lincoln, Django Unchained, Zero Dark Thirty dan masih banyak lagi belum saya tonton. Saya juga kurang banyak menonton film lokal dimana beberapoa film yang katanya bagus macam Mata Tertutup dan Rayya, Cahaya Di Atas Cahaya saya lewatkan akibat masa tayangnya yang sangat pendek. Tapi seperti rutinitas tiap tahunnya dimana blog ini merilis daftar film terbaik bertepatan dengan hari dimana Oscar merilis daftar nominasi, maka saya putuskan untuk tetap mengikuti rutinitas tersebut. Yang berbeda adalah tahun ini saya memasukkan tidak hanya 10 film, tapi 20 film dikarenakan cukup banyak film berkualitas yang sayang untuk dikesampingkan dari daftar, jadi mulai tahun ini akan ada 20 film yang menghiasi daftar terbaik blog ini. Jad ini dia 20 film terbaik (baca: terfavorit) versi Movfreak blog. (klik gambar untuk membaca review)

HONORABLE MENTION
Awalnya saya berniat tidak membuat honorable mention, tapi berhubung ada satu film yang sangat sayang untuk dikesampingkan namun akan terasa terlalu subjektif jika masuk dalam daftar akhirnya saya memberikan satu film di honorable mention. Film itu adalah COLDPLAY LIVE 2012. Daftar ini memang daftar yang subjektif, tapi khusus untuk dokumenter yang satu ini, saya sadar bahwa penilaian bagus disebabkan karena saya adalah fans berat dari band british satu ini. Sebuah sajian konser dengan set-list yang sempurna, visual yang sangat memukau dan energi konser yang ditangkap dengan sempurna adalah kepuasan luar biasa dalam menonton film ini. Semoga gosip konser mereka di bulan April mendatang bukan isapan jempol belaka.

20. THE HUNGER GAMES
Akhirnya sebuah franchise film adaptasi novel yang bisa mendekati kehebatan Harry Potter. Sempat meragukan kualtasnya, ternyata film garapan Gary Ross ini diluar dugaan bisa menampilkan ketegangan dari kisah remaja saling bunuh tanpa harus kehilangan hati. Seru, menegangkan sekaligus menyentuh dan masih ditambah cast yang gemilang khususnya Jennifer Lawrence membuat film ini menjadi sebuah hiburan yang berkualitas.

19. THE AVENGERS
Film terlaris di 2012 dan terlaris ketiga sepanjang masa. Joss Whedon sukses menggabungkan berbagai superhero kelas satu Marvel dengan begitu seimbang antara satu karakter dan yang lain. Adegan aksi yang begitu epic, momen menggetarkan dan tidak lupa selipan humor yang sangat efektif. Sebuah adaptasi komik yang tidak hanya membuat para fanboy merasakan moviegasm tapi juga memberikan kepuasan bagi penonton yang bukan penikmat komiknya.

18. CLOUD ATLAS
Salah satu film paling ambisius tidak hanya di 2012 tapi juga sepanjang masa. Mengadaptasi cerita dalam novel yang sempat dianggap mustahil untuk diangkat dalam media film. Namun pada akhirnya meski makna yang coba dihadirkan kurang terasa maksimal, saya tetap mampu dibuat terikat mengikuti jalan ceritanya meski memakan durasi sekitar dua setengah jam. Efek make-up dan visualnya tidak hanya asal megah tapi juga turut menjadi bagian penting yang membangun ceritanya.

17. PROMETHEUS
Sama seperti Cloud Atlas, film terbaru dari Ridley Scott ini akan memecah penontonnya menjadi dua kubu, yaitu yang mencintainya dan yang membencinya. Saya sendiri termasuk yang mencintai film ini. Punya cerita yang diluar dugaan mengangkat tema religius dan spiritual tentang Tuhan dan ciptaannya. Mungkin banyak misteri yang tidak terjawab, tapi bukankah tidak semua misteri khususnya di alam ini yang berkaitan dengan sang pencipta bisa kita jawab? Disitulah perenungan sesungguhnya dari Prometheus

16. ARGO
Sebuah karya yang memantapkan nama Ben Affleck sebagai sutradara kelas satu di Hollywood. Keberhasilan Gone Baby Gone dan The Town memang bukan hanya kebetulan. Sebagai sutradara, Ben sanggup merangkai kisahnya dengan begitu menarik dan menegangkan. Sebagai aktor utama dia sanggup memberikan salah satu penampilan terbaik dalam karirnya. Tentu saja adegan klimaks di bandara adalah adegan yang begitu intens dan menegangkan. Pada akhirnya saat pembebasan itu berhasil, saya juga merasakan kebahagiaan dan rasa haru yang sama dengan para tokohnya.

15. SHAME
Sebuah studi karakter luar biasa dari Steve McQueen. Michael Fassbender dan Carey Mulligan begitu gemilang dalam akting mereka sebagai karakter yang menyimpan kesedihan begitu mendalam. Banyak adegan yang bersinggungan dengan seksual, namun bukan seks penuh kebahagiaan melainkan seks yang penuh dengan rasa sakit dan kesedihan layaknya Last Tango in Paris. Masih menyisakan kekecewaan mengingat Oscar tidak melirik film hebat ini.

14. 21 JUMP STREET
Entah sudah berapa lama saya tidak dibuat tertawa terbahak-bahak di dalam bioskop, dan film yang sempat diragukan kualitasnya ini mampu membuat saya kembali tertawa bahagia. Penampilan dan chemistry kuat dari Channing Tatum dan Jonah Hill, komedi cerdas yang hampir tidak pernah miss, hingga cameo mengejutkan dari Johnny Depp. Sungguh menyenangkan bisa kembali tertawa dan memasang senyum lebar setelah keluar dari bioskop.

13. THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO
Sebuah remake yang tidak perlu dibuat, sama seperti Let Me In. Namun layaknya film vampir tersebut, film ini sanggup mengahdirkan kualitas yang jauh dari kata memalukan. Bahkan bagi saya pribadi, film garapan David Fincher ini lebih unggul dari versi Swedia-nya. Sinemtografi indah yang sanggup menghadirkan nuansa dingin nan kelam, misteri yang masih tetap menarik dan dihadrikan dengan rapih sekaligus mudah diikuti. Sekali lagi bukan remake yang perlu memang, tapi sebuah remake yang berhasil.

12. NAMELESS GANGSTER
Bagaikan sebuah versi Korea dari film Martin Scorsese dan memang ada beberapa homage disini diberikan pada film-film sang sutradara seperti Taxi Driver. Sebuah sajian dimana otot dan otak saling mengisi dan tidak bisa dipisahkan. Sebuah zero-to-hero yang tidak klise lengkap dengan penampilan luar biasa (seperti biasa) dari seorang Choi Min-sik.

11. POLISSE
Kesederhanaan yang membuat film ini menjadi begitu realistis dan emosional. Disajikan dengan nuansa mirip semi-dokumenter, Polisse berhasil merangkum dengan sempurna kisah para polisi ini baik saat bertugas ataupun di kehidupan pribadi mereka. Tentu saja ending yang kelam dan mengejutkan itu masih terngiang di pikiran saya sampai saat ini.

10. END OF WATCH
Kembali sebuah film polisi yang dihadirkan dengan teknik semi-mockumentary. Ceritanya memang klise dan mudah ditebak, tapi kecerdikan naskahnya yang diawal ringan dan membuat kita bersimpati pada karakternya membuat klimaks film ini begitu menegangkan dan punya akhir yang emosional. Kuatnya chemistry Jake Gyllenhaal dan Michael Pena menjadi salah satu kekuatan.

9. LIFE OF PI
Seperti Cloud Atlas, film garapan Ang Lee ini juga berasal dari novel yang dianggap mustahil untuk difilmkan. Namun cara penuturan dari Ang Lee sanggup membuat Life of Pi menjadi sebuah tontonan yang memuaskan baik dari segi cerita (walaupun tema sensitif tentang Tuhan tidak sekuat yang saya harapkan) maupun dari segi visual yang begitu luar biasa. Efek 3D yang ada membuat alam yang ada bagai surga dunia.

8. SAFETY NOT GUARANTEED
Kejutan, itulah film ini. Sebuah film kecil yang muncul entah darimana namun ternyata punya kualitas luar biasa. Dialog cerdas, kisahnya yang sederhana namun unik, pemain yang berakting bagus, serta ceritanya yang begitu mendalam menjadikan Safety Not Guaranteed sebuah drama yang dibalut unsur sci-fi dengan kualitas hebat. Saya sangat suka Aubrey Plaza dan jadi tertarik menyaksikan aksi komedi-komedinya di YouTube.

7. THE PERKS OF BEING WALLFLOWER
Salah satu film paling favorit para penonton. Sebuah drama yang sanggup membawa kita kembali ke masa-masa indah di SMA dulu lengkap dengan segala suka dukanya. Mau seperti apapun kisah kita di SMA, film ini sanggup mengembalikan memori tersebut yang membuktikan begitu lengkapnya kisah yang ada. Tiga karakter utamanya berakting begitu baik.

6. MOONRISE KINGDOM
Wes Anderson kembali dengan karyanya yang unik dan aneh. Indahnya dunia anak-anak yang begitu polos namun terasa begitu dewasa, beradu dengan rumitnya duniaorang tua yang kompleks namun uniknya terasa kekanak-kanakan. Sebuah dunia indah yang diciptakan oleh Wes Anderson dan saya tidak keberatan kembali lagi ke Moonrise Kingdom.

5. HUGO
Seperti Life of Pi, berikan efek 3D kepada sutradara dengan passion yang tepat, maka terciptalah sebuah dunia yang indah dalam film. Penghormatan seorang Martin Scorsese terhadap dunia film yang begitu ia cintai ini juga akan membuat penonton jatuh cinta dengan salah satu film terbaik sang sutradara. Scorsese dengan 3D? Scorsese menyutradarai film anak-anak yang ringan? Ternyata terciptalah keindahan yang menyentuh.

4. TYRANNOSAUR
Sebuah drama Inggris yang sangat kuat dari segala aspek. Sebuah studi tentang seorang karakter yang kesepian dan penuh amarah. Bagaimana manusia yang bagaikan monster sekalipun tetap memiliki hati. Sayangnya film luar biasa ini banyak terlewat oleh penikmat film.

3. THE DARK KNIGHT RISES
Oke, mungkin film ini tidak sebaik TDK. Banyak juga plot hole dan adegan klise. Namun diluar itu saya rasa berlebihan jika banyak yang mencela film ini. Saya masih merasa TDKR adalah penutup trilogi yang lebih dari sekedar pantas. Ini adalah sebuah sajian epic yang sanggup membuat saya menahan nafas dalam tiap adegan menegangkan yang sanggup dirangkai dengan indah. Balutan musik Hans Zimmer begitu luar biasa disini. Ini bukan sekedar film superhero, tapi sebuah cerita kepahlawanan.

2. THE ARTIST
Hal dari masa lalu yang dianggap kuno dan ketinggalan jaman belum tentu jelek. Michel Hazanavicius sanggup merangkum surat cintanya pada film bisu dengan begitu indah dan menghibur. Kisah sederhana namun dirangkum dengan maksimal dan unik, begitulah film ini. Penampilan luarbiasa dari Jean Dujardin serta Berenice Bejo menjadi salah satu keunggulan utama film ini. Jangan lupakan adegan tap dance di akhir yang mampu membuat saya tersenyum lebar.

1. HOLY MOTORS
Sungguh gila Leos Carax dan Denis Lavant disini. Carax gila dengan segala cerita sinting nan surealis-nya. Lavant gila dengan berbagai karakter aneh yang ia perankan dengan begitu hebat. Mungkin Oscar tidak akan melirik film ini, tapi bagi saya Holoy Motors adalah film paling berkesan di 2012 lalu. Bukan saja sekedar tribute bagi aktor dan film sendiri dari seorang Leos Carax, namun juga menampilkan studi mengenai seseorang yang lebih sering hidup dalam sosok orang lain daripada dirinya sendiri. Masih ingatkah dia dengan sosoknya dan kehidupannya yang asli? Ataukah semua itu justru sudah menjadi kehidupan sesungguhnya? Tapi dibalik segala kegilaan itu masih ada drama sederhana yang begitu manis yang membuktikan siapapun seseorang, apapun yang ia kerjakan, dia tetaplah manusia dengan hati, perasaan dan cinta.

8 komentar :

  1. Waah Holy Motors no1! End of Watch sama Hunger Games hampir masuk Top20 gw tuh hehe wah Polisse bagus yah syid? Itu yang pernah masuk Cannes kan yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, kegilaan Holy Motors nggak nahan sih hehe
      Bagus tuh, mirip end of watch cuman lebih serius & sederhana. Kalo gak salah sih dapet penghargaan juga d cannes

      Hapus
  2. Ga ada "Cabin in the Woods"? Haha, rasanya seru aja kalo film horor yang satu itu masuk sebagai salah satu best films of the year. Gw jadi penasaran sama "Tyrannosaur"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe nyaris masuk sih cabin in the woods. Cobain deh mantap tuh aktingnya :D

      Hapus
  3. Anonim9:09 PM

    django manaa??haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe waktu nyusun list ini belum nonton Django

      Hapus
  4. gilafilm10:01 PM

    the artist dan hugo film dari tahun 2011. hugo film yang paling bikin sakit mata, efek sepia semua satu film :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. List ini emang disusun nggak berdasarkan tanggal rilis pertama filmnya tapi tanggal rilisnya di Indonesia, atau film rilisan 2011 yang baru sempet saya onton di 2012 :)

      Hapus