THE UNINVITED (2009)

Tidak ada komentar
Remake film horror asia yang dilakukan hollywood udah banyak banget. Macam The Ring, One Missed Call, The Grudge, dan banyak lagi. Dan semuanya punya satu kesamaan. Yaitu selalu lebih buruk & kalah serem dari versi aslinya. Itu membuktikan kalo kemampuan hollywood buat menakuti kita lewat suguhan film hantu masih sangat kurang. Dan kali ini saya nonton film remake horror asia lagi. The Uninvited adalah remake dari film korea berjudul A Tale of Two Sisters yang rilis 2003 lalu. Apakah film ini mengikuti kehancuran pendahulunya atau menciptakan sebuah kengerian baru?

Setelah 10 bulan tinggal dirumah sakit jiwa karena tekanan mental yang dideritanya akibat shock atas kematian ibunya yang mati terbakar di pondok dekat rumahnya, Anna akhirnya bisa kembali kerumahnya. Bertemu lagi dengan ayah & saudarinya, Alex. Tapi kini rumah itu telah berbeda. Disana sang ayah tinggal bersama kekasih barunya, Rachel. Anna & Alex sendiri merasa kehidupan bersama Rachel tidak mengenakkan meskipun kekasih ayahnya itu mencoba bersikap baik pada keduanya. Anna sendiri semenjak kepulangannya sering melihat penampakan-penampakan aneh.  Seperti hantu ibunya atau hantu 3 bocah cilik. Dan kemunculan mereka seolah menunjukkan kalo Rachel adalah dalang dibalik kematian yang menimpa ibunya. Apalagi mereka lalu menemukan fakta aneh dibalik masa lalu Rachel. Dimulailah penyelidikan Anna & Alex terhadap Rachel. Apakah benar kebakaran itu hanya kecelakaan? Atau sebuah pembunuhan?

Film ini tetap tidak bisa membuat saya takut dengan hantu yang dimunculkan. Tapi saya akui thrillernya lumayan berhasil. Apalagi ditambah sebuah twist di endingnya. Saya sendiri belum nonton film aslinya, sehingga tetep dibuat penasaran sampe akhir film. Andai sang sutradara meminimalisir kadar hantu (kalo menghilangkan kayaknya gak mungkin) Dan menambah unsur psikologikal thriller didalamnya, saya yakin film ini akan jauh lebih menarik & menegangkan. Karena di awal film kayanya saya cuma disuguhi hantu-hantuan yang gak serem. Baru setelah melewati pertengahan menjelang akhir kadar ketegangan meningkat. Ironisnya hal itu terjadi setelah para hantu tidak dimunculkan lagi. Untuk akting pemerannya, Emily Browning sebagai Anna & Arielle Kebbel sebagai Alex tidak terlalu istimewa. Tapi saya jelas terhibur dengan 2 gadis cantik, seksi, dan imut ini. Arielle sendiri bukan pemain baru di remake horror asia. Dia pernah tampil di The Grudge 2. Sedangkan Emily lebih sering tampil di serial TV.

Secara keseluruhan, dibalik ketidak seraman hantunya,  Film ini tetep menghadirkan ektegangan lewat thrillernya. Untuk remake asia setidaknya film ini masuk jajaran yang terbaik. Yang membuktikan hollwood sama sekali gak bisa menakuti lewat hantu, tapi thriller.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar