THREE YEARS OF BLOGGING

7 komentar
Dalam 21 tahun hidup saya, melakukan sebuah kegiatan yang sifatnya tidak wajib selama tiga tahun dan masih terus berjalan adalah sebuah hal yang bisa dikatakan prestasi. Saya yang mudah bosan akan sesuatu ini memang jarang melakukan suatu hal yang memasuki hitungan tahunan. Maka dari itu usia blog yang sudah tiga tahun ini adalah sebuah pencapaian bagi saya pribadi, apalagi hingga saat ini saya masih cukup rajin menulis review disini dan masih tetap menikmatinya. Dari situlah saya makin yakin bahwa saya benar-benar mencintai film dan segala hal-hal yang berkaitan dengannya. Untuk urusan menulis saya bukanlah seorang penulis yang baik dimana itu bisa dilihat dari tulisan-tulisan saya di blog ini yang bisa dibilang asal dan seadanya. Untuk film sendiri saya bukanlah orang yang ahli ataupun mendapat pendidikan formal di bidang perfilman. Tiga tahun lalu saya mulai menulis hanya karena merasa ingin menuangkan apa yang saya rasakan setelah menonton sebuah film. Hal itu perlahan berkembang menjadi sebuah opini saya mengenai film yang saya tonton. Kemudian seiring berjalannya waktu saya makin menemukan kesenangan untuk menggali secara lebih mendalam terhadap film yang saya tonton. Tentu saja pada akhirnya pendapat ataupun interpretasi saya akan sebuah film tidak lebih dari komentar penonton awam biasa dan sama sekali tidak pernah memposisikan diri sebagai ahli perfilman.

Sayangnya selama tiga tahun menulis review, saya bahkan mungkin banyak blogger film lainnya yang sering dipandang lain oleh para pembaca. Saya sering mendapati komentar yang mengatakan bahwa saya sok tahu dan hanya bisa mengkritik, padahal belum tentu saya bisa membuat film sebagus yang saya kritik. Saya sendiri sering menjumpai komentar serupa di postingan blogger lainnya. Tapi nampaknya orang yang memberikan komentar tersebut lupa bahwa saya disini hanyalah seorang konsumen yang menyampaikan komentar terhadap produk yang baru saya konsumsi. Sebagai contoh pasti anda pernah makan nasi goreng atau makanan apapun yang menurut anda tidak enak dan menceritakannya pada orang lain. Bahkan saya yakin sering kali anda menyampaikan kritik terhadap sebuah produk yang menurut anda berkualitas buruk secara pedas. Tapi tentu saja anda tidak harus jago membuat nasi goreng untuk menuangkan kritik tersebut bukan? Sebuah produk dibuat untuk memuaskan konsumennya, dan pada film konteksnya adalah memuaskan para penonton. Apabila penonton tidak merasa puas mereka boleh melancarkan kritikannya. Mungkin ada yang berkata bahwa percuma saya melontarkan kritik, toh para sutradara Hollywood yang saya kritik tidak akan membacanya sebagai evaluasi. Tapi yang saya lakukan hanyalah menyampaikan rasa, karena sekali lagi film adalah bentuk kesenian dan seni tidak pernah terlepas dari rasa. Saya tidak mencoba sok tahu tentang film yang saya tonton dan hanya mencoba menuliskan yang saya rasakan. Tidak jauh beda dengan tulisan di buku harian.
Orang yang selalu membuat saya merasakan moviegasm
Mengkritik bukan berarti tidak menghargai sebuah hasil ataupun capaian. Bayangkan jika kritik tidak dilontarkan hanya karena alasan tidak menghargai. Mungkin tidak ada orang yang pernah belajar dari kesalahan yang telah mereka lakukan. Apakah kritik harus dilakukan oleh para ahli? Tentu tidak, karena penonton awam justru bisa jadi sebuah sumber data mengenai produk yang telah dihasilkan, dalam hal ini sebuah film. Jadi silahkan pikir lagi jika anda masih merasa bahwa tidaklah pantas bagi orang awam seperti saya melontarkan kritik terhadap suatu film. Tentu saja sampai kapanpun selama masih memungkinkan saya akan berusaha tetap menulis di blog ini, mengingat film benar-benar mengubah hidup saya. Lewat film saya menemukan berbagai pelajaran luar biasa. Saya yang selama berkuliah ini cukup aktif dalam kegiatan teater menjumpai bahwa film benar-benar berperan luar biasa mulai jika saya menjadi aktor dan memerlukan referensi, atau disaat saya menulis naskah juga menyutradarai sebuah pementasan. Film bagaikan sebuah panutan saya dalam menjalani hal tersebut. Yang paling penting lewat film saya mendapatkan sebuah target dalam hidup saya. Saya yang sebelumnya tidak merasa punya target masa depan yang pasti menjadi memiliki sebuah pencapaian yang berusaha saya raih sekuat tenaga. Lewat film saya jadi mempunyai suatu hal yang begitu berharga untuk diraih dengan segenap usaha.
Sudut pengambilan gambar favorit saya
Setelah sekian lama akhirnya kini saya punya kesempatan untuk memproduksi film perdana saya yang kini memasuki tahap pra-produksi. Meski hanya film pendek yang berdurasi kurang lebih 20 menit, ini saya jadikan sebagai batu lompatan untuk berusaha melompat jauh lebih tinggi lagi di masa depan nanti. Lewat film saya menjadi mengenal banyak tokoh sebagai panutan mulai dari Joko Anwar dengan segala etos kerjanya, David Lynch dengan visi surealisme yang menginspirasi saya dalam membuat naskah teater, hingga tentunya Quentin Tarantino yang karyanya selalu menjadi isnpirasi saya baik dalam hal penggarapan teknis. Pada akhirnya saya bersyukur bisa mengenal film serta menulis di blog ini. Tanpa itu saya tidak akan terpacu untuk menyelami film lebih dalam dan mungkin tidak akan pernah menemukan sebuah target yang begitu berharga untuk bisa diraih. Semoga blog ini akan terus bertahan hingga tahun-tahun berikutnya.

Sebagai "bonus" di bawah ini saya cantumkan daftar  20 film terbaik tahun 2013 hingga bulan Mei versi Movfreak yang disusun urut abjad (klik judul film untuk membaca review-nya)

1.   AMOUR
2.   DJANGO UNCHAINED
3.   EVIL DEAD
4.   EXCISION
5.   FLIGHT
6.   HITCHCOCK 
7.   PITCH PERFECT
8.   RUBY SPARKS
9.   SEVEN PSYCHOPATHS
10. SIGHTSEERS
11. SILVER LININGS PLAYBOOK
12. STAR TREK INTO DARKNESS
13. THE IMPOSSIBLE
14. THE IMPOSTER
15. THE MASTER
16. THE PLACE BEYOND THE PINES
17. TO THE WONDER
18. UPSTREAM COLOR
19. WRECK-IT RALPH
20. ZERO DARK THIRTY

7 komentar :

  1. Happy Birthday MOVFREAK!
    Semoga blog informatif ini terus bertahan hingga tahun keempat, kelima, atau bahkan keseratus. Keep on blogging bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin, makasih bro :D

      Hapus
  2. Selamat ulang tahun MOVFREAK!
    Ke depannya semakin menghasilkan tulisan-tulisan yang keren bro. :D

    BalasHapus
  3. Selamat berulang taun yg ke-3 untuk MOVFREAK :) Semoga terus selalu update ya, Syid!
    Ditunggu film pendeknya :p

    BalasHapus
  4. Selamat ulang tahun yang ketiga yaa MOVFREAK!
    Semoga bisa terus blogging sampe tahun keempat, kelima, dan seterusnya :D

    BalasHapus
  5. Makasih ucapan-ucapannya, semoga keberhasilan buat kita semua hehehe

    BalasHapus
  6. Anonim5:27 PM

    saya pembaca setia movfreak
    meskipun jarang komen tentang blog ini
    saya akan mendukung movfreak...
    oh ya semoga sukses film pendeknya :)

    BalasHapus