FOLLOWING (1998)

1 komentar
Ini dia film yang jadi debut dari seorang Chrsitopher Nolan. Dengan bujet hanya sekitar $6,000, durasi 69 menit, aktor yang tidak terkenal dan dibuat dengan pewarnaan hitam putih film ini boleh saja tampil minimalis dan murah tapi hasilnya tentu jauh dari murahan. Ya, karena ini film dari Nolan yang dia tulis sendiri dan dia pula yang menjadi sinematografer. Dari film ini saja sudah sangat terlihat berbagai ciri khas Nolan yang akan dijumpai dalam film-film berikutnya yang dia buat. Mulai dari plot non-linear yang melompat-lompat, twist ending cerdas yang tidak terduga, sampai adegan pembuka yang nantinya akan berhubungan dengan ending film tersebut.

Bill adalah seorang pria yang berambisi menjadi seorang penulis. Tapi dikarenakan dia buntu dalam ide, dia memilih mencari inspirasi dengan cara berjalan-jalan dikota lalu memilih orang secara acak untuk kemudian dia ikuti kemana orang tersebut pergi dan apa yang mereka lakukan. Sampai suatu saat dia mengikuti seorang pria yang membawa sebuah tas hitam. Ternyata pria itu sadar bahwa Bill mengikutinya. Pria itu bernama Cobb dan merupakan seorang pencuri (mirip dengan Cobb yang diperankan Di Caprio di Inception bukan?) Setelah itu Cobb justru mengajak Bill menjalankan aksi membobol rumah orang. Hal yang awalnya terasa aneh dia lakukan tetapi lama kelamaan Bill justru menikmati aksi yang mereka lakukan tersebut tanpa tahu bahwa aksinya tersebut akan menggiringnya kedalam sebuah aksi kejahatan yang akan membahayakan dirinya sendiri.
Seperti yang sudah saya katakan tadi, "Following" sangat mencerminkan bagaimanakah ciri khas Nolan yang kemudian akan dia bawa kedalam film-film selanjutnya yang dia buat. Sebenarnya tidak banyak yang bisa saya tulis untuk revies film ini. Bukan karena filmnya buruk, tapi karena pada akhirnya yang akan saya tulis juga tidak jauh beda dengan apa yang pernah saya ataupun orang lain tulis dalam review film-film Nolan.  Kemampuannya dalam membangun plot dengan struktur non-linear secara sangat rapi membuat segala misteri yang ditampilkan seolah tidak pernah habis daya tariknya dan membuat kita terus menerus berpikir secara antusias untuk membongkar apa yang sebenarnya terjadi. Karena dengan plot yang tidak berjalan lurus tersebut akan memberikan kita misteri-misteri baru yang muncul sekaligus memberikan jawaban atas misteri yang sebelumnya muncul. Mirip dengan "Memento".

Jika dibandingkasn dengan "Memento" memang film ini masih kurang. Tapi ingat bahwa dalam film ini Nolan benar-benar membuat semuanya secara sederhana, minimalis dan independent. Bahkan tidak ada nama besar dalam jajaran pemainnya. Hal-hal itulah yang makin menegaskan kejeniusan seorang Chrsitopher Nolan karena baik disaat dia diberi bujet besar seperti "Inception" atau "The Dark Knight" ataupun dengan bujet kecil dan tanpa bintang seperti film ini dia mampu membuat film yang luar biasa. Bahkan meskipun nuansa dan strukturnya mirip dengan "Memento" saya tetap tidak merasa bosan ataupun mengurangi rasa kagum saya terhadap debut Nolan ini.


RATING:

1 komentar :

Comment Page:
Alvi Fadhollah mengatakan...

Dan kelebihan sutradara satu ini adalah selalu memberikan twist ending yang variasi tanpa menghilangkan kesan cerdasnya.. Twist ending di Following bagi saya merupakan twist ending tercerdas dalam sejarah perfilman.. Hanya kurang diperhitungkan mungkin dari sisi budget dan teknisnya aja..